Selasa, 22 September 2009

Cegah Virus Masuk Ke Dalam Flashdisk

flashdisk adalah salah satu dari media penyebaran virus yang paling digemari oleh virus.
khususnya virus-virus lokal yang sulit dideteksi oleh antivirus luar
pada suatu artikel di sebuah majalah saya menemukan cara menahan virus agar tidak jalan secara otomatis ketika disambungkan ke komputer.
caranya yaitu dengan mengganti file autorun.inf dengan folder yang bernama autorun.inf dan memberi attribut super hidden agar tidak merusak pemandangan pada bagian luar flashdisk
dari cara tersebut saya berkesimpulan bahwa sebagian besar virus tidak dapat me-replace file yang telah ada di media tersebut.

dari kesimpulan tersebut saya melakukan percobaan pada flashdisk yang saya punya, saya mencoba menyambungkan flashdisk saya pada sebuah komputer yang memiliki virus yang dibuat dengan visual basic.

percobaan pertama :
kondisi flashdisk dalam keadaan normal atau tanpa pertahanan apa-apa
ketika disambungkan virus langsung membuat file msvbvm60.dll dan recycle.exe

percobaan kedua :
saya telah membuat folder dengan nama msvbvm60.dll dan recycle.exe pada directory flashdisk
ketika disambungkan virus tidak dapat membuat file msvbvm60.dll dan recycle.exe
flashdisk saya aman dari virus tersebut

Dari kedua percobaan tersebut saya berkesimpulan bahwa saya dapat mencegah virus masuk ke dalam flashdisk saya
asalkan saya tahu file apa yang akan dibuat oleh virus pada flashdisk saya,
yaitu dengan membuat folder dengan nama yang sama dengan file yang dibuat oleh virus tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar